Sabtu, 04 Agustus 2012

Biografi Band SHEILA ON 7


Duta (vokal) berasal dari SMA 4, Adam (bass) dari SMA 6, Eross (gitar) dari SMA Muhammadiyah I, Sakti (gitar) dari SMA De Britto, dan Anton (drum) berasal dari SMA Bopkri I Pada awalnya grup ini menamakan dirinya Sheila. Tak lama kemudian mereka menambahkan kata Gank, sehingga menjadi `Sheila Gank`. Namun karena masalah 'sense', akhirnya nama mereka berganti menjadi `Sheila On 7`.sepakat meresmikan terbentuknya Sheila On 7 pada 6 Mei 1996. Nama Sheila On 7 diambil dari kata Sheila [bahasa Celtic] yang berarti musikal sedang tambahan “on 7” berarti solmisasi alias 7 tangga nada (do re mi fa sol la si). Sejak awal berdirinya grup ini, mereka mencoba tampil profesional.

Dimulai dengan keterlibatan mereka dalam beberapa pentas musik di Yogyakarta dan Jawa Tengah, baik di lingkup sekolah, kampus, maupun panggung umum. Sheila On 7 juga dipercaya menjadi band pembuka untuk sejumlah konser dari grup - grup besar seperti GIGI, /rif dan Pas Band. Publik pun mulai mengakui keberadaan grup ini saat lagu ciptaan mereka berjudul Kita berhasil masuk ke Ajang Musikal, program yang menyiarkan lagu - lagu karya band lokal dari Radio Geronimo FM & G-Indie Production. Dalam program radio ini, lagu Kita mendapat respon sangat positif, terbukti dengan berhasil bertahan di chart selama tiga bulan berturut - turut. Akhirnya mereka mengirimkan enam lagu yang dibuat demo ke Sony Music Indonesia, mereka juga menyertakan proposal tentang personel grup. Setelah itu mereka diaudisi oleh A&R (Artist & Repertoire) di studio.

Sebulan kemudian tawaran kontrak album mereka dapatkan. Album pertama berjudul `Sheila On 7` dikerjakan selama 1 bulan 7 hari dengan stok lagu yang sudah dibuat sejak pertama kali band ini dibentuk. Mereka diberi kebebasan seluas - luasnya untuk mengembangkan musiknya. Pada tanggal 16 Maret 1999 album `Sheila On 7` pun dirilis dibawah produksi Sony Music Entertainment Indonesia. Rencana ke depan grup ini setelah berhasil merilis album perdana, mereka ingin total di musik, itulah yang dikedepankan oleh Sheila On 7.Tiga album yang dirilis band asal Yogyakarta ini masing-masing sudah mencapai angka penjualan di atas 1 juta kopi. Nama Sheila On 7 langsung berkibar sebagai grup debutan yang paling sukses di Indonesia. Perjalanan panjang yang ditempuh anak-anak Jogja ini rupanya membuahkan hasil. Setelah mereka melalui proses panjang dalam mencari label rekaman, pada akhirnya Sheila on 7 mengeluarkan album pertama berjudul Sheila on 7 di tahun 1998.

Tanpa disangka angka penjualan album perdana mereka langsung meledak danmenembus angka 1,3 juta kopi. Nama Sheila pun langsung berkibar dalam jajaran grup papan atas Indonesia. Dua album Sheila berikutnya juga langsung laris terjual hingga lebih dari 1 juta kopi, bahkan album kedua yang berjudul Kisah Klasik Untuk Masa Depan terjual 1,4 juta kopi dan berada di atas angka penjualan album pertama. Di Malaysia album ini menjadi Top Best Sellers, sehingga tak heran album ini tercetak dalam Hits Of The World Majalah Billboard. Sebuah angka yang sangat fenomenal bagi band muda asal kota Jogjakarta ini. Sheila on 7 telah beberapa kali mengalami perubahan susunan anggota. Pada Oktober 2004 Brian masuk menggantikan Anton yang dikeluarkan karena dianggap tidak disiplin. Lalu pada Maret 2006 Sakti mundur dari Sheila on 7 untuk belajar agama di Pakistan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar