Kamis, 21 Mei 2015

Biografi Band DR.PM



Mungkin, bagi sebagian orang, nama dr.pm masih asing ditelinga. Itu wajar, karena mereka memang bukanlah dokter yang bisa menyembuhkan penyakit. Tapi bisa membuat pendengar menjadi bergoyang. Sebabnya, sekitar pertengahan Maret 1999 lagunya yang berjudul `Suasana` mulai terdengar di radio - radio seantero Nusantara dan mulai merayap ke puncak tangganya. Secara detailnya, nama dr.pm sendiri diambil dari inisial nama para personilnya, yaitu : Danny, Ronald, Piere dan Marshal. Tapi, sejalan dengan proses waktu, akhirnya Pierre tidak lagi gabung dengan dr.pm. Lantas masuklah Erwin menggantikan Pierre dan nama grupnya tetap menggunakan dr.pm, walaupun Pierre tak bersama mereka lagi karena nama itu kesannya lebih mudah diingat dan lebih enak diucapkan. Toh kalau mau dipaksakan, nama Erwin bisa ditambahkan `pak` didepannya, sehingga nama dr.pm tetap bisa dipakai. Lewat album terbaru dan sekaligus perdananya yang berjudul `Dunia Baru`, dr.pm mencoba menawarkan sebuah konsep, Idealisme, gaya, yang dirangkum dalam suatu ciri khas. Komplitnya, dr.pm dimotori oleh Danny Supit [Bass], F. Ronald Fristianto [Drum], Marshal Surya Rachman [Gitar] dan Erwin Heryadi [Vokal].

Menyimak nama - nama yang muncul, tampaknya bukan suatu yang baru mereka berkecimpung dalam peta musik Pop Indonesia. Seperti Danny Supit cowok berkepala plontos ini pernah mendukung KLa Project, Andre Hehanussa, Ruth Sahanya serta Katon Bagaskara. Untuk Ronald yang dikenal sebelumnya sebagai drummer GIGI serta drummer pendukung Dewa 19 dan KLa Project. Sedang dua nama lainnya Marshal dan Erwin, masing - masing juga tercatat pernah berkiprah dipeta musik Pop Indonesia. Marshal pernah mendukung album Krisdayanti, Atiek CB, Oppie dan Anang. Untuk Erwin, cowok nyentrik ini pernah tergabung dalam grup Insect di album Pesta Alternatif 1 dan 2. Dan inilah tampaknya dari ragam latar yang berbeda menjadikan musik dr.pm punya greget dan warna khas. Itu bisa disimak pada sound bass dan gitar. Disamping itu, gebukan drum dan lantunan vokal Erwin turut menyiratkan ciri. Tentang konsep musik mereka yang cenderung progresif dan matang, artinya, mereka bukan saja pandai direkaman namun juga panggung.

Terlepas dari itu, toh lewat album perdana `Dunia Baru` dr.pm telah menorehkan kreatifitas. Ini setidaknya bisa disimak pada lagu `Pernah Mencoba`, dimana suara tabla yang dihasilkan dari peringkat program dikombinasikan dengan gaya yodel (gumaman) yang menghias pada sepanjang lagu. Dari lagu - lagu dialbum pertama, tampaknya kekhasan dr.pm semakin nyata. Sound bass, gitar, serta gaya bervokal Erwin jelas bisa dijadikan ukuran untuk menjelajahi warna dan karakter dari dr.pm. Konsep musik yang ditawarkan dr.pm adalah konsep musik yang spontan dan tidak terlalu banyak improvisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar