Jumat, 13 Juli 2012

Biografi Band KLA PROJECT



Lembaran karir Kla Project diawali di tahun 1988, di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Nama dan logo KLa (huruf 'K', 'L' ditulis dengan huruf kapital dan 'a' dengan huruf kecil) mengandung arti inisial panggilan dari anggota personil grup ini. K = Katon (Katon Bagaskara), L = Lilo (Romulo Radjadin), dan a = Adi (Adi Adrian). Kenapa a pada KLa ditulis dengan huruf kecil sedangkan huruf lain menggunakan hurufkapital? Hal ini ternyata disebabkan karena ada a lain yang pernah bergabung dalam grup ini, yaitu Ari Burhani (Ari).

Nama KLa Project mulai mencuat ke permukaan saat merilis album Kla Project (1989) yang mempopulerkan lagu Tentang Kita. Setelah itu, mereka melepas Kedua (1990) yang berhasil menggondol penghargaan BASF Award tahun 1991 untuk "Album Terlaris" dalam kategori "Techno Pop". Lagu hitsnya adalah Yogyakarta yang ternyata juga berhasil merebut simpati masyarakat Yogyakarta.
Namun perubahan formasi tidak dapat dielakkan ketika KLa mengeluarkan album Ungu (1994) yang mengandalkan lagu Terpuruk Ku di Sini. Ari menyatakan keluar dan tidak lagi memperkuat Kla Project. Namun karena masih memiliki motor dan keinginan bermusik yang kuat, pamor KLa tidak pudar. Malah mereka mencatatsejarah baru dalam perjalanan musik Indonesia dengan merilis album KLakustik # 1 (1996) yang direkam secara live dari konser mereka di Gedung Kesenian Jakarta, 11 Maret 1996 silam. Sayangnya, menjelang merilis album The Best of Kla (2001), Lilo cabut dari formasi.

Biografi Katon Bagaskara - Vokalis KLa Project

Awalnya Katon bercita-cita menjadi diplomat. Sayangnya situasi dan kondisi memaksanya untuk bekerja. Tahun 1987, Katon bekerja sebagai cabin crew di perusahaan penerbangan Garuda. Jiwa seni yang ada dalam dirinya tak begitu saja bisa diredam. Akhirnya tahun 1988, bersama teman-temannya, Lilo, Adi, dan Ari, Katon membentuk grup musik KLa Project.Berbekal uang tabungan, mereka merekam sample lagu "Tentang Kita". Lagu tersebut disukai oleh produser dan menjadi hit. Album pertama bertajuk "KLa Project" dirilis tahun 1988. 

Sampai tahun 1999, Kla Project telah mengeluarkan 8 album dan 2 buah album kompilasi lagu-lagu terbaik mereka. Ditambah 1 album "New Chapter" yang dirilis tahun 2004 dengan bendera "NuKLa". Eksistensi KLa Project selama hampir dua dekade sangat dipengaruhi oleh lirik dan untaian kata-kata puitis nan sarat makna. Kreasi KLa Project dalam menciptakan lirik dan lagu melahirkan nuansa baru dalam dunia musik pop tanah air.Untuk solo karirnya, Katon telah mengeluarkan 4 buah album solo, 1 album kompilasi ditambah lagi dengan album terbaru 'Percaya Saja' yang telah dirilis bulan Maret 2003 yang lalu. 

Bersama kakak kandungnya, Andre Manika; dan adik kandungnya Nugie, mereka bertiga akan mengeluarkan album trio berkonsep humanis-religius dalam balutan musik yang menjadi style mereka masing-masing selama ini, yaitu britpop, modern-rock dan klasik.Karir bermusiknya juga membawa Katon mencoba menjadi produser musik. Penyanyi yang diproduserinya adalah Nugie, sebanyak tiga buah album (Bumi, Air, dan Udara). Tidak hanya menjadi produser, Katon pun pernah menjadi penata vokal dan juga memberikan lagu-lagunya untuk dinyanyikan oleh penyanyi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar