Sabtu, 10 Januari 2015

Biografi Band /RIF


R.I.F (Rythm In Freedom) yang kemudian berganti nama menjadi /rif, resmi berdiri tahun 1992. Sebelumnya, band yang dimotori oleh Andy (vokal), Iwan (bass), Ade (drum), Baron (gitar) dan dwi (keyboard) ini hadir dengan nama 'Badai'. Perubahan nama menjadi R.I.F (1993) dan kemudian /rif (1995) rupanya membawa 'hoki' tersendiri bagi anak-anak Bandung ini /rif, mungkin nama band ini sudah nggak asing lagi buat anak muda Bandung terutama yang sering nongkrong di pub O'Hara. Sudah cukup lama grup musik beraliran alternatif - rock ini malang melintang diberbagai acara seputar kampus di kota Kembang, Bandung. 

Kemudian aktifitas mereka merambah ke kota tetangga, Jakarta. Dan sekitar tahun 1994 /rif dipilih sebagai homeband Hard Rock Cafe Jakarta dan membawakan lagu - lagu Top 40 beraliran rock. Sampai /rif bertemu dengan Minnie Adjie yang akhirnya menjadi manajer /rif : Andy [Vokal], Jikun [Gitar], Iwan [Bas], Magi [Drum] dan Deny [Gitar], formasi ini terbilang paling awet setelah beberapa kali bongkar pasang dan Baron [mantan anggota GIGI] adalah salah sebuah nama yang pernah jadi anak /rif. Minnie dibantu Iwan, pemain bas yang merangkap jadi asisten manager akhirnya merekam /rif dalam bentuk singel independen, `Radja` judulnya. Singel ini kemudian dikirim ke radio - radio di Indonesia terutama Bandung dan Jakarta. 

Rupanya cara ini mendapat respon yang lumayan bagus dari pendengar, setidaknya jika dilihat dari banyaknya request dan pertanyaan seputar band yang menyanyikannya. Putar punya putar lagu `Radja` inipun akhirnya sampai ke telinga Sony Music Indonesia yang kemudian mengontrak /rif untuk empat album. Dan jika di album perdana /rif yang berjudul `Radja` ada lagu berlirik luar negeri, itu sedikit banyak disebabkan publik awal mereka di pub O'Hara kebanyakan bule. Beberapa lagu berlirik lokal dalam album perdana termasuk `Radja` bahkan merupakan terjemahan. Soal nama band ternyata juga punya cerita unik. 

Ketika kata /rif udah resmi jadi nama grup, mereka malah kebingungan. Soalnya banyak orang yang tanya apa kepanjangan dari /rif, padahal pengennya hanya nama /rif saja. Namun setelah diutak - atik akhirnya ketemu kata - kata `Rhythm Of Freedom` dan sepertinya cocok dengan kebebasan yang mereka mainkan dalam bermusik. Tahun 1998 adalah tahun keberuntungan /rif. Setelah album pertamanya, Radja laku lebih dari 150 ribu kopi, band asal Bandung ini mendapat dua buah penghargaan platinum dari Sony Music Entertainment Indonesia. Masing - masing untuk /rif dan manajemennya. Dengan aliran musik rock yang lebih strick, /rif kemudian membuat single rekaman sendiri dan mendistribusikannya ke radio-radio di Jakarta dan Bandung. 

Dan diluar dugaan sambutan yang datang sangat luar biasa dan berhasil memikat perusahaan rekaman besar Sony Music Indonesia. Pada bulan Oktober 1997, ‘Radja’, album pertama /rif sukses meraih Platinum Award dan dinobatkan menjadi “MTV Most wanted New Comer” versi lokal. Sebuah sepak terjang yang sangat luar biasa.Di pertengahan tahun 2002, Sony Music Indonesia kembali memberikan kesempatan pada single ‘Dunia’ untuk mengisi soundtrack film Spiderman. Walau sebatas edisi lokal, nama mereka sukses bersanding dengan musisi internasional sekelas Aerosmith dan Sum 41.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar